All About Premium & Free

Selasa, 13 Oktober 2015

7 Negara Maju Dengan Tingkat Polusi Tertinggi di Dunia


Polusi adalah salah satu proses terjadinya pencemaran lingkungan yang akan mengakibatkan menurunnya kualitas lingkungan serta terganggunya kesehatan dan ketenangan dari makhluk hidup termasuk manusia. Tempat yang sudah tercemar polusi sangat tidak baik untuk ditinggali oleh makhluk hidup.

Terjadinya polusi atau pencemaran lingkungan pada umumnya  diakibatkan oleh kemajuan teknologi. Artinya semakin maju teknologi semakin tinggi pula polusi yang di hasilkan. Sampai saat ini belum ada teknologi yang benar benar bersih dari polusi, bahkan teknologi untuk membersihkan polusi pun belum ditemukan.

Sekalipun di negara maju yang dikatakan mempunyai teknologi super canggih dalam segala aspek masih tidak mampu mengatasi masalah polusi yang terjadi. Negara seperti China dan Jepang sampai saat ini masih bermasalah dengan masalah polusi yang dihasilkan kegiatan industrinya.

Berikut adalah negara-negara maju di dunia dengan polusi tertinggi di dunia :

1. China
9 Negara Maju Dengan Tingkat Polusi Tertinggi di Dunia
Merupakan negara paling maju sekaligus negara terluas di dunia. Saking majunya industri-industri dari berbagai belahan dunia melakukan investasi China. Sehingga membuat Cina menjadi negara paling berkembang di Asia. Bahkan dikatakan bahwa di tahun 2020, Cina dapat menjadi negara terkuat di Asia menyaingi Amerika dalam hal keuangan.

Akan tetapi perkembangan yang cepat tenyata menghasilkan pengeluaran yang besar pula yakni polusi yang dihasilkan dari negara ini merupakan yang nomor satu di dunia dengan tingkat polusi gas mencapai 8,2 miliar ton setiap tahunnya.

Dengan jumlah penduduknya yang mencapai 1,3 miliar mengakibatkan polusi yang berasal dari berbagai macam konsumsi bahan bakar fosil di negara tersebut semakin membengkak.

2.Amerika Serikat
9 Negara Maju Dengan Tingkat Polusi Tertinggi di Dunia
Negara yang dikenal sebagai negara paling adikuasa di antara negara adikuasa lainnya ini memang sangat dapat mempengaruhi perekonomian dunia. Namun untuk dapat bertahan sebagai yang teratas tentu perindustrian negara ini juga harus sangat kuat. Hal itu menyebabkan Amerika merupakan salah satu dengan polusi terbesar yakni 5,4 miliar ton setiap tahunnya.

Hal ini tidaklah mengherankan karena denda polusi dalam negara adikuasa kepada para industri yang melanggar nya hanyalah 25.000 dollar, yakni sebuah pengeluaran yang dapat dibayarkan oleh industri-industri besar tanpa benar-benar menganggapnya sebagai kerugian paling utama.

3.Rusia
9 Negara Maju Dengan Tingkat Polusi Tertinggi di Dunia
Rusia memang tidak memiliki populasi yang jauh lebih sedikit dibandingkan negara-negara lainnya. Dengan jumlah penduduk sekitar 141,950,000, negara ini memiliki polusi yang cukup tinggi yaitu sekitar kurang lebih 1,7 miliar ton gas per tahunnya.

Polusi ini berasal dari kota industri di Rusia, dimana setiap tahunnya hampir sekitar 500 ton tembaga dan nikel, 2 juta sulfur oksida di lepaskan di udara. Masa hidup pekerja yang bekerja di pabrik juga telah diketahui mengalami penurunan sekitar 10 tahun di bandingkan orang-orang yang bekerja di bidang lainnya di Rusia.

3. Jepang
9 Negara Maju Dengan Tingkat Polusi Tertinggi di Dunia
Walaupun pemerintah Jepang telah berusaha mengurangi tingginya tingkat polusi di negara ini, negara yang terkenal sebagai negara matahari terbit ini setiap tahunnya menghasilkan sekitar 1,2 miliar ton CO2.

Hasil polusi itu dihasilkan dari berbagai industri, perkotaan dan besarnya transportasi umum di negara ini. Walaupun kebanyakan orang menganggap polusi itu berasal dari emisi gas transportasi umum, beberapa kritikus memandang bahwa upaya pemerintah Jepang dalam mengurangi polusi sangat salah dialokasikan, bukannya ke industrial malah ke emisi gas.

4. Jerman
9 Negara Maju Dengan Tingkat Polusi Tertinggi di Dunia
Walaupun negara ini masuk ke dalam salah satu negara dengan tingkat polusi terbesar di dunia, setiap tahunnya negara ini sangat ambisius untuk mengurangi tingkat polusi tersebut. Setiap tahunnya negara ini memiliki tingkat polusi udara sebesar 762 juta ton, namun setiap tahunnay juga polusi tersebut berkurang sebesar 3%.

Bukti keambisiusan mereka untuk mengurangi tingkat polusi tersebut dibuktikan dengan membuat sebuah tanaman yang dapat mengurung dan mendaur polusi udara dari batu bara dan sejenisnya. Bahkan di tahun 2020, negara ini menargetkan konsumsi listrik akan berkurang sebesar 13%.

5.Korea Selatan
9 Negara Maju Dengan Tingkat Polusi Tertinggi di Dunia
Polusi minyak adalah sebuah bentuk kontaminasi lingkungan dengan penyebaran minyak mentah karena sisa-sisa industrial. Fenomena ini dapat juga mengarah ke pencemaran udara yang menjadi salah satu sumber polusi Korea Selatan. Hal itu terbukti dengan tingkat polusi udaranya sebesar 563 juta ton.

Menyadari hal ini pemerintah Korea telah mengambil berbagai tindakan pengurangan polusi namuin tetap saja polusi menjadi salah satu masalah utama dalam negara ini. Polusi yang ada di negara ini disebabkan oleh emisi kendaraan dan asap industri.

6.Kanada
9 Negara Maju Dengan Tingkat Polusi Tertinggi di Dunia
Setiap tahunnya negara ini menghasilkan sekitar 614 juta ton Carbon Dioksida, hal ini mungkin terdengar mengejutkan karena Kanada sering disebut sebagai negara dengan lingkungan yang indah. Para ahli melihat alasan polusi ini dari industri pertambangan yang mencakup ke tranportasi, polusi air, dan mengarah akhirnya ke polusi udara.

Kematian paus beluga sering diasosiasikan dengan tingginya tingkat polusi di negara ini yang menyebabkan paus-paus tersebut menderita kanker. Kanker itu juga dikatakan telrihat pada hewan-hewan mamalia lainnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Artikel Terkait : 7 Negara Maju Dengan Tingkat Polusi Tertinggi di Dunia

0 komentar:

Posting Komentar